Minggu, 20 Maret 2011

Sistem Informasi Pemasaran

  1. Apa komponen system informasi pemasaran modern ?
Jawaban :
Komponen Sistem Informasi pemasaran
Sistem informasi pemasaran mempunyai komponen yang sama dengan sistem informasi secara umum, yaitu komponen-komponen input, model, output, basis data, teknologi dan kontrol. Perbedaan komponen-komponen ini antar sistem-sistem informasi lainnya adalah konteks letak dari sistem informasinya. Misalnya untuk Sistem informasi pemasaran ini, maka komponen inputnya adalah input tentang data pemasaran dan outputnya adalah laporan-laporan berisi informasi pemasaran.
Komponen Model Pemasaran
Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya. Model merupakan cetakan yang merubah bentuk input menjadi output. Model di sistem informasi pemasaran banyak digunakan untuk menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi, strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru, pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk lama,penunjukan salesman, penentuan rute pengiriman yang paling optimal, pemilihan media iklan yang paling efektif dan untuk persetujuan kredit.
Komponen Output Pemasaran
Tiap Subsistem out put menyediakan informasi tentang Subsistem itu sebagai bagian dari bauran
Subsistem produk menyediakan informasi tentang produk perusahaan. Subsistem promosi menyediakan informasi tentang kegiatan periklana perusahaan dan penjualan langsung. Subsistem harga membantu manajer untuk membuat keputusan harga.



Subsistem Sistem Informasi Pemasaran

Subsistem Penelitian Pemasaran (Riset Pemasaran)

Subsistem penelitian pemasaran merupakan sistem yang berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan dan calon pelanggan. Manajer pemasaran dapat mengunakan penelitian pemasaran untuk mengumpulkan segala jenis informasi tetapi sebagian besar kegiatan ditujukan pada pelanggan dan calon pelanggan

Kesimpulan yang saya dapat tentamng
sistem informasi pemasaran yaitu betapa pentingnya bagian dan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan.
Salah satu kasus apabila suatu perusahaan mengalami krisis maka bagian pemasranlah yang bisa memulihkan, yaitu dengan cara menyelidiki apa yang diinginkan oleh para konsumen dan mengatur strategi dengan cara membuat promosi atau hadiah dan sejenisnya.

  1. Apa catatan internal yang bermanfaat ?
Jawaban :
  • Sistem informasi keuangan dan pemasaran
alah  sistem yang terakumulasi dan analisis data keuangan dalam rangka untuk membuat keputusan yang baik pengelolaan keuangan dalam menjalankan bisnis. Tujuan dasar dari sistem informasi keuangan adalah untuk memenuhi kewajiban keuangan perusahaan pada saat jatuh tempo, dengan menggunakan minimal sumber daya keuangan yang konsisten dengan marjin yang aman (margin of safety) yang ditetapkan. Output yang dihasilkan oleh sistem antara lain termasuk laporan akuntansi, operasional dan modal anggaran, laporan modal kerja, proyeksi arus kas, dan berbagai laporan ‘What-if’ Analisis. Evaluasi data keuangan dapat dilakukan melalui analisis rasio, evaluasi tren, dan model perencanaan keuangan.
  • Sistem Informasi Berbasis Pengetahuan
Otomatisasi Kantor (Office Automation)
Apakah otomatisasi kantor?
Otomatisasi kantor merujuk pada semua alat dan metode yang diterapkan untuk kegiatan kantor yang memungkinkan untuk proses tertulis, visual, dan data suara dengan cara dibantu komputer.
Otomatisasi kantor ini dimaksudkan untuk memberikan unsur-unsur yang memungkinkan untuk menyederhanakan, memperbaiki, dan otomatis organisasi kegiatan dari suatu perusahaan atau sekelompok orang (pengelolaan data administrasi, sinkronisasi pertemuan, dll).
Menimbang bahwa organisasi perusahaan memerlukan peningkatan komunikasi, otomatisasi kantor tidak lagi terbatas catatan tulisan tangan untuk sekedar menangkap. Secara khusus, juga mencakup kegiatan sebagai berikut:
* Pertukaran informasi
* Pengelolaan dokumen administrasi
* Penanganan data numerik
* Rapat perencanaan dan pengelolaan jadwal kerja
office suite Tools
The “office suite” merujuk pada semua program perangkat lunak yang memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan kantor. Secara khusus, sebuah office suite karena itu mencakup program-program perangkat lunak berikut:
* pengolah kata
* spreadsheet
* alat presentasi
* database
* scheduler
office suite utama adalah:
* AppleWorks
* Corel WordPerfect
* IBM / Lotus SmartSuite
* Microsoft Office
* Sun StarOffice
* OpenOffice (freeware)
  • sistem Informasi untuk Keunggulan Kompetitif
Perusahaan adalah tempat terjadinya produksi dan tempat berkumpulnya semua faktor produksi (Wikipedia). Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat dan hampir segala aspek kegiatan di masyarakat melibatkan peran teknologi tersebut maka perusahaan haruslah mengikuti perkembangan ini jika tidak mau tertinggal dari perusahaan lain. Oleh karena itu, untuk mendukung aktivitas perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien maka perusahaan harus menggunakan teknologi yang ada dengan semaksimal mungkin yang nantinya akan menjadi keunggulan perusahaan tersebut. Dalam perusahaan teknologi ini termasuk faktor produksi  yaitu sumber daya virtual.
Perusahaan dalam  Lingkungannya
Perusahaan adalah suatu sistem fisik yang dikelola melalui penggunaan sistem virtual. sistem fisik tersebut terdiri dari sumber daya yang berwujud, seperti bahan baku, karyawan mesin uang dll. sistem fisik ini merupakan sistem terbuka.  sedangkan sistem virtualnya yang merupakan sistem tertutup terdiri atas sumber daya informasi yang digunakan untuk mewakili sistem fisik. Sebuah perusahaan tercipta atas dasar tujuan untuk memberikan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan lingkungannya dan sebuah perusahaan tidak akan berfungsi tanpa sumber daya yang diberikan oleh lingkungannya. Lingkungan tersebut bervariasi dan berbeda dari perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Namun demikian kita masih dapat mengidentifikasinya, terdapat 8 unsur utama yang terdapat di dalam lingkungan seluruh perusahaan dan memiliki pengaruh langsung, yaitu :
1.       Pemasok (supplier) atau vendor, memasok bahan baku, mesin, jasa orang dan informasi oleh perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasanya.
2.       Pelanggan (customer), produkdan jasa tersebut di tujukan kepadanya.
3.       Serikat pekerja (labor union), organisasi dari para pekerja terampil maupun tidak terampil dari berbagai jenis bidang usaha dan industry.
4.       Komunias keuangan (financial community), seperti bank atau institusi pemberi pinjaman lainnya yang mempengaruhi sumber daya keuangan yang tersedia bagi perusahaan.
5.       Pemegang saham dan pemilik (stockholder and owner), orang yang menginvestasikan uang ke dalam perusahaan
6.       Pesaing (competitor), mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan di dalam pasar.
7.       Pemerintah (government), yang memberikan pembatasan dalam bentuk peraturan dan undang-undang serta memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi, dan dana.
8.       Komunitas global (global community), wilayah geografis dimana perusahaan menjalankan operasinya.


  1. Apa yang dilibatkan dalam system intelegensi pemasaran ?
Jawaban :
Webster mendefinisikan intelijen sebagai berita/kabar, informasi, atau bahkan pengumpulan informasi "rahasia". Sedangkan Rosenberg mengartikannya sebagai kemampuan untuk mendapatkan pengetahuan atau belajar dari pengalaman hidup.


Lalu apa kaitannya dengan pemasaran? Kaitannya ada pada informasi atau pengetahuan tentang perilaku konsumen, pesaing, saluran distribusi, kebijakan publik dan perusahaan sendiri.


Sistem intelijen pemasaran merupakan bagian dari sistem informasi pemasaran serta sangat erat kaitannya dengan sistem catatan intern perusahaan dan riset pemasaran. Kotler mendefinisikan sistem intelijen pemasaran sebagai seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk mendapatkan informasi sehari-hari tentang perkembangan-perkembangan yang berkaitan dengan lingkungan pemasaran. Informasi itu dapat berasal dari dalam perusahaan sendiri, konsultan riset pemasaran, biro periklanan, pemasok, pelanggan bahkan pesaing.


Setidaknya ada empat cara pengumpulan informasi yang dapat dilakukan oleh seorang manajer yaitu pengamatan tanpa arah yang jelas, pengamatan terkondisi, pencarian secara informal dan pencarian secara formal.


Intelijen pemasaran sudah banyak dipakai secara profesional sebagai suatu alat diplomasi oleh perusahaan yang bersaing. Persaingan menjadi dasar pengembangan intelijen pemasaran, baik secara nasional maupun global.


Kapan perusahaan anda memerlukan intelijen pemasaran? Penurunan efisiensi dan kemampulabaan perusahaan, pesatnya perkembangan teknologi, perubahan budaya dan meningkatnya kerusakan dan pengrusakan adalah tanda-tandanya.


Dalam kenyataannya, intelijen pemasaran tidak selalu berjalan mulus. Kebanyakan kegagalan dipicu oleh perencanaan yang tidak akurat akibat kurang atau ketidaktepatan informasi, dana yang tidak memadai, personil yang kurang cakap serta birokrasi yang tidak jelas.


Metode intelijen pemasaran bisa sistematis atau tidak sistematis. Membaca buku, koran atau publikasi bisnis, berbincang dengan pelanggan atau manajer lain merupakan contoh metode yang tidak sistematis. Metode sistematis antara lain diwujudkan dengan melatih atau memotivasi marketer agar menjadi "mata" dan "telinga" bagi perusahaan, membeli informasi atau membangun sendiri pusat informasi pemasaran, evaluasi dan analisa, serta menyebarkan dan merespon.


Metode yang sistematis mestinya mencakup pula beberapa langkah yang sistematis pula yaitu mempersiapkan sistem, mengumpulkan informasi secara terus menerus, evaluasi dan analisa lalu menyebarkan dan merespon.






  1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan makro serta komponennya dan bagaimana mempengaruhi aktivitas perusahaan ?
Jawaban : Lingkungan makro terdiri dari enam lingkungan yang harus dilihat, yaitu: lingkungan demografi, lingkungan ekonomi, lingkungan alam, lingkungan teknologi, lingkungan politik, dan lingkungan budaya.
Lingkungan Demografi
Pertumbuhan penduduk. Angka pertumbuhan penduduk akan mempengaruhi tingkat peluang pemasaran bagi suatu produk ataupun jasa. Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi akan semakin membuka peluang lebih luas, karena bagaimanapun akan terkait dengan seberapa besar suatu produk atau jasa akan bisa diserap oleh pasar.

Perbandingan prosentase umur. Kategorisasi umur dalam pemasaran biasanya dimulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Prosentase pada setiap umur akan menentukan juga peluang bisnis b di dalamnya. Untuk produk atau jasa yang ditujukan pada pasar anak-anak misalnya, dari jumlah populasi penduduk secara keseluruhan, perlu dilihat berapa persen jumlah anak-anak dari keseluruhan penduduk.

Pasar etnik. Pasar etnik juga merupakan salah satu potensi pasar yang perlu dipertimbangkan. Etnis tertentu biasanya mempunyai kecenderungan, preferensi, dan kebutuhan bersama yang unik dan tidak dimiliki oleh etnis lain.

Tingkat lulusan akademik. Tingkat lulusan akademik akan berpengaruh terhadap pola belanja dan gaya hidup seseorang. Cara memasarkan untuk kalangan berpendidikan tinggi akan berbeda dengan cara pemasaran untuk pendidikan yang lebih rendah.

Pola kehidupan rumah tangga. Rumah tangga di Indonesia sebagian masih menerakan pola keluarga besar dengan orang tua dan anak-anak masih berkumpul dalam satu keluarga hingga tua. Namun demikian, di kota-kota besar keluarga-keluarga muda sudah mulai mandiri dan memiliki rumah serta memisahkan diri dari orang tua mereka.


Lingkungan Ekonomi
Distribusi pendapatan. Tingkat pendapatan suatu daerah akan menentukan produk dan jasa dengan kualifikasi seperti apa yang cocok dengan daerah tersebut. Dan dengan karakter daerah di Indonesia yang sangat beragam, beragam pula potensi antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Tingkat tabungan, hutang, dan pinjaman. Tingkat tabungan, hutang dan pinjaman akan menentukan seberapa besar potensi pengeluaran yang akan dilakukan oleh seseorang.

Lingkungan Alam
Menipisnya sumber daya alam. Sumber daya alam adalah sesuatu yang terus dieksploitasi yang lama kelamaan akan habis. Salah satu kunci utama adalah melihat bagaimana sumber daya alam masih bisa dimanfaatkan dan hingga berapa lama.

Meningkatnya biaya. Sekarang ini terdapat kecenderungan bahwa biaya-biaya semakin meningkat terutama untuk listrik dan energi. Peningkatan biaya-biaya ini akan berdampak pada peningkatan biaya produksi yang setiap tahun akan semakin signifikan.

Meningkatnya polusi. Meningkatnya polusi menimbulkan masalah dalam hal kesehatan dan juga kerusakan lingkungan. Di masa depan akan lebih banyak aturan yang mengatur untuk meminimalisir polusi yang tentu saja pada beberapa sektor akan menjadi tambahan biaya yang cukup besar.


Lingkungan Teknologi
Perkembangan teknologi yang sangat cepat. Sekarang ini perkembangan dalam hal teknologi semakin cepat dirasakan. Dengan datangnya internet, perubahan dinamika berlangsung dalam waktu yang semakin cepat dan skala yang semakin meluas. Globalisasi mengubah berbagai aturan main dalam berbisnis. Persaingan juga tidak lagi dalam skala lokal dan nasional, tetapi sudah mengarah pada persaingan global.

Inovasi teknologi yang terus berkembang. Perkembangan teknologi juga dibarengi dengan berbagai inovasi dalam banyak produk dan jasa. Contohnya adalah perkembangan mesin tik yang sekarang ini perlahan tapi pasti sudah mulai digantikan dengan komputer, dan berbagai contoh lain yang berada di sekitar kita.

Aturan-aturan dalam teknologi. Teknologi mempunyai keunikan sendiri dengan dinamika dan perkembangan yang sangat cepat. Melihat aturan pemerintah dalam pengaturan penggunaan teknologi mutlak diperlukan untuk mempermudah berbagai proses dalam masyarakat.
Lingkungan Politik
Aturan-aturan dalam sektor industri. Dalam menjalankan bisnis, aturan merupakan satu landasan mutlak. Karena itu, pemetaan peluang bisnis juga perlu melihat berbagai aturan yang mengatur industri tersebut sehingga tidak terjadi bentrokan ataupun masalah di kemudian hari.

Tumbuhnya organisasi-organisasi LSM dan buruh. Organisasi-organisasi LSM dan buruh di satu sisi memberikan pengaruh positif kepada pekerja untuk menyuarakan berbagai aspirasi mereka. Tetapi organisasi pekerja yang terlalu kuat akan menyulitkan perusahaan dalam beberapa proses pengambilan keputusan, karena harus melakukan banyak kompromi dengan mereka.
Lingkungan Budaya
Perbedaan budaya pada masing-masing negara. Perbedaan budaya menjadikan gaya hidup masing-masing negara dan daerah berbeda juga. Pemahaman budaya pada setiap daerah akan memudahkan pemasar menyesuaikan produk ataupun jasanya sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut.

Kepercayaan, tradisi, dan agama. Pada kelompok orang dengan kepercayaan, tradisi, dan agama yang berbeda mempunyai pola konsumsi dan gaya hidup yang berbeda dengan yang berlainan kepercayaan. Dan pada hal-hal tertentu, agama mempunyai peran yang signifikan karena mengatur mana yang boleh dan mana yang tidak dalam hal mengkonsumsi produk ataupun jasa.


  1. Meliputi apa saja lingkungan internal perusahaan dan bagaimana mempengaruhi aktivitas pemasaran ?
Jawaban :
Hasil dari analisis lingkungan internal akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Kekuatan atau keunggulan perusahaan itu meliputi keunggulan pemasaran, keunggulan sumberdaya manusia, keunggulan kuangan, keunggulan operasi dan keunggulan organisasi dan manajemen.
Kekuatan dan kelemahan Pemasaran dapat dilihat dari reputasi perusahaan, pangsa pasar, kualitas produk, keanekaragaman produk, merek produk, kemasan produk, model produk, ukuran produk, garansi produk, kualitas pelayanan, efektifitas penetapan harga, efektifitas distribusi, efektifitas promosi, kekuatan penjualan, efektifitas inovasi dan cakupan geografis.

2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. How do you make money from gaming: Making money from betting?
    The simplest way to make money from gambling is to make money หาเงินออนไลน์ in the form of betting, not betting. If you are looking to earn some money from gaming and

    BalasHapus